loading...

Friday, January 30, 2015

Wawancara dengan Darwin sang manusia kera

Bagi yang tidak tahu siap darwin alangkah baiknya saya perkenalkan dulu siapa beliau ini. Darwin atau charles darwin adalah manusia jaman dahulu yang terkenal dengan teori evolusinya. KOnon menrut drwin dalam bukunya yang termashur the Origin of Species menyatakan bahwa kera telah bervolusi dan menjadi wujud kita kita sekarang ini. Menurut darwin manusia adalah hasil evolusi dari kera, yang secara tidak langsung nenek moyang kita adalah kera.
tentu saja pendapat darwin ini mendapat tentangan dari kalangan akademisi lainya, terutama para agamawan yang meyakini jika manusia pertama adalah nabi adam. dan nabi adam diciptakan bukan hasil dari evolusi kera.
Setelah membaca buku the Origin of Species saya jadi tertarik dengan jalan pikiran om Dharwin ini. untuk mengupas tuntas tentang teori evolusi ini dengan bantuan teman saya Jhon titor saya memutuskan untuk ngobrol langsung dengan darwin.
O ya,  jika anda tidak kenal siapa john titor, perkenalkan, john titor adalah manusia yang datang dari masa depan. john memiliki sebuat alat yang bisa menembus ruang dan waktu. dengan alat yang dimiliki si john ini bisa pergi  sesuka hati kejaman yang mana yang dia kehendaki.
kebetulan saya masih menyimpan nomer tlpn si john ini. kalo tidak salah nomernya As.
Segera saya menghubungi nomernya si jhon sang pengelana waktu.

Saya:  halo john..
john: ya halo...
saya : asalamu alaikum john, lagi dimana ini?
jhon: walaikum salam warohmatullohi wabarokatuh.. halo sobat saya lagi di tahun 2050 nih ,,,
saya: wah jauh amat... bisa ketemu saya gak sekarang?
jhon: ok sip, btw ada yang bisa saya bantu?
saya: iya nih, saya ingin klarifikasi soal teori darwin , jadi saya ingin langsung ngomong sendiri sama orangnya.

john: o.. oke oke tunggu sebentar ya..saya lagi nogkrong di warung kopi nih, saya bayar dulu , lima menit saya sampai.
saya : ok sip.

Sambil menunggu kedatangan si john sahabat karib saya ini, saya menyiapkan indomi rebus kesukaan si john titor.

 skip skip >>

John titor datang dengan alatnya. setelah basa basi sejenak, makan indomi, kami langsung meluncur kejamannya charles darwin. yah sekitar tahun 1880. (darwin meniggal tahun 1882).
kami mendarat tepat di samping sebuah musolla, samping rumahnya darwin.
Didepan sebuah musolla tampak seorang pria berjanggut kepala botak ala opie kumis, yang sepertinya saya kenal sedang nyapu daun blimbing yang rontok didepan musola tersebut.
"sepertinya itu om darwin" batinku. segera setelah mengantarkan aku john titor minta pamit.
 "ane pamit dulu ya sob, kebelet nih, entar kalo udah kelar urusanya miscall aku, entar ane jemput" kata si jonh titor.
"sip, tanks ya sob". jhon titor pun balik .

Sebenarnya agak grogi nih, harus ketemu salah satu ilmuan besar seperti darwin, tapi ya sudahlah, demi ilmu pengetahuan saya harus nekat. saya dekati pria berjanggut lebat itu.
saya: halo, om darwin ya?
darwin: halo juga, benar saya adalah dharwin,, ada yang bisa saya bantu dik?
saya: saya cuman mau bilang kalo om darwin salah!
darwin: salah apanya ya dik? (bingung).
saya: gini aja pak darwin, kita ngbrolnya di serambi musolla aja deh, biar gayeng.
darwin: oke.
setelah kita duduk di srambi musolla, saya mengutarakan tentang keberatan saya dengan isi buku the Origin of Species saya menyangkal terntang kebenaran teori evulusi yang dia cetuskan. sementara saya nerocos kesana kemari om arwin hanya manggut manggut sambil senyum senyum.
darwin: ah sampean kok lebay baget sih dik, lawong saya nulisnya itu juga pas mabuk kok. cuman ya itu pihak  penerbit berpendapat sepertinya buku ini menarik, dan berpotensi best seller, jadi ya di terbitkan juga. he heh..
saya: wah jadi buku itu di tulis pas om darwin gi dibawah pengaruh alkohol  ya?
darwin: (malu malu) iya dik, critanya waktu itu saya sedang nonton wayang kulit, eh sama yang punya rumah di suguhin tuak, ya kita semua minum semalaman sampai teler deh. adikkan tau saya ini hobinya nulis, namanya juga orang mabuk tulisan saya yang jadinya kayak gitu, jangan salahkan saya dong, itu pihak penerbit yang salah.
saya: ya gak bisa gitu dong om, om tahu gak? gara gara teori om itu, dunia jadi gempar, banyak orang yang berdebat tentang kebenaran teori om itu.

darwi: gini lo dik, sebenernya teori saya terinspirasi oleh ustad zakaria, yang sering ngasih pelajaran ngaji anak anak di musolla ini, saya pernah mendenganr ustad zakaria bercerita kepada anak anaknya, jika Allah telah Mengazab umat nabi musa yaitu bani israil dengan di jadikan kera dan babi. jadi sya terinspirasi dengan cerita itu.
saya: wah om ini salah kaprah, kalo itu memang benar om. tapi kalo teori om itu ngawur, masa jika kera berevolusi menjadi manusia sekarang kita kita yang hidup jauh di jaman om masih tetap berwujud manusia. seharunya kita kita juga harus berevolusi dong.
darwin: ya ya saya mengerti, eh ngomong ngomng itu ceritanya bagaimana sih, kok manusia di kutuk jadi kera?.

saya: itu ceritanya begini om,   umat nabi Musa yang melanggar larangan untuk bekerja pada hari Sabat alias hari sabtu, karena hari sabat  adalah hari istirahat setiap dalam Yudaisme. Hari Sabat dirayakan dari saat sebelum matahari terbenam pada hari Jumat hingga tibanya malam pada hari Sabtu.
karena melanggar, maka Allah murka, kemudia Allah berfirman "Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: “Jadilah kamu kera yang hina”
darwin: o.. begitu ceritanya.
darwin: wah seru juga ya, sepertinya saya dapat inspirasi lagi nih setelah tahu kebenaranya.
saya: inspirasi apalagi om?
darwin: ya, ternyata teori yang saya buat dulu kebalik, bisa jadi seluruh kera yang ada saaat ini adalah hasil evolusi dari manusia, , itu lo dari umatnya nabi musa yang di kutuk ama Tuhan.
saya: kalo itu bisa jadi om, scara itu landasanya jelas, Qur'anya juga ada, ga perlu pake teori yang muluk muluk.
darwin: betul sekali dik, nanti akan saya buat buku  bahwa kera berasal dari manusia, bukan manusia berasal dari kera.
saya: betul om darwin, lagian asal om darwin tahu ya, tidak hanya itu,  di tempat saya di indoneisa, banyak kok hewan hewan yang yang asalnya dari manusia, sekarang malah lagi ngetren istilah babi ngepet, yaitu manusia yang berubah wujud menjadi babi, atau yang  terbaru adalah manusia harimau, yaitu manusia yang bisa berubah menjadi harimua, bahkan sampai dibikin sinetronya.
darwin: wah hebat sekali ditempat adik ini, btw indonesia itu mana sih?
saya: wah iya di jaman om sekrang ini, indonesia belum ada om, namanya mungkin masih hindia belanda, karena di jaman om ini, negara kami dikuasai orang orang belanda.
darwin: o.. kalo hindia belanda saya tahu, saya punya teman disana kok, dia penulis juga, namanya multatuli.
saya: iya om, multatuli itu kakeknya pahlawan nasional kita namanya dowes decker, dia juga keren lo om, penulis juga, trus hebatnya lagi, walaupun ayahnya orang belanda, dia lebih milih indonesia.
darwin: ah hebat ya, si multatuli itu, punya cucu pahlawan.
saya: oh ya om, berhubung saya sudah klarifikasi saya mohon pamit ya, udah di tunggu teman nih.
darwin: monggo monggo dik. salam buat orang orang indonesia ya di.
saya: oke om, assalamualaikum.
darwin: waalaikum salam.
setelah mohon diri sayapun telpon teman saya john titor sang pengelana waktu.
saatnya pulang ke rumah.

tamat!! 

20 comments:

  1. Wawancaranya sukses keliatannya ya mas :)

    ReplyDelete
  2. wkakaka. ternyata pak darwin, membuat teorinya setelah minum tuak toh.. mangkanya jadi mabok...
    aturan pak darwinnya diajak untuk bertobat mas, kan udah duduk dipelataran musola

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gak nyangko sob, ternyata darwin hobi nonton wayang kulit juga. hehehe

      Delete
  3. wah wawancaranya berjalan lancar ya,,hehe itu jhon titor keren ya bisa pergi sesuka hati kejaman yang mana yang dia mau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ucu, john titor emang hebat...hehehe

      Delete
  4. keren pisan tah kang,,nyimak saja dulu kang.

    ReplyDelete
  5. hahaha..bisa aja nih,saya sampai berkali2 membaca maksud ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada salah salah satu master blog mas yanto mampir... selamat datang mas yanto cungkup. hehe

      Delete
  6. gaya tulisanya ituloh yang membuatku jadi penasaran,ok keren banget banget artikelnya,sumpah saya baca tuntas,,,menarik boleh ditiru gayanya nih membuat penasaran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibanding mang dede saya mah masih kalah jauh.. saya lihat mangdede adalah salah satu pendekar blog. terbukti update postingannya bisa rutin, trus visitornya bejibun..

      Delete
  7. Save dulu ah :D buat reprensi belajar ngewawancara hehe

    ReplyDelete
  8. salam untukku mana ? :) kera selalu jadi kambing hitam ya ?

    ReplyDelete
  9. Wah ada evolusi baru gan jngkaru? Kera berevolusi jadi kambing? Itu critanya bijimane ya gan?, jadi penasaran. Hehe

    ReplyDelete
  10. teori darwin teori aneh dan menyesatkan

    ReplyDelete

Search