loading...

Tuesday, May 12, 2015

Legenda cerita gunung tangkuban perahu


sangkuriang adalah pemuda kecil yang di usir oleh ibunya karena dengan sengaja telah menghabiskan jatah makan siang bapaknya. sangkuriang dikenal sebagai anak yang rakus, orangnya pemalas dan tidak mau membantu bapaknya bekerja diladang.
pada suatu hari sangkuriang kecil disuruh mengirim makanan ayahnya yanglagi bekerja diladang, namun karena masih kurang makan dipinggir jalan (kenapa  harus dipinggir?, karena kalo ditengah jalan nanti ketabrak), sangkuriang memakan habis bekal makan untuk bapaknya.
melihat hal itu bapaknya marah, namun dia berusaha bersabar, kemudian bapak sangkuriang yang bernama kalagemet pulang untuk mengambil makananya sendiri. sesampai dirumah istri kalagemet heran kenapa kok suaminya pulang, padahal tadi sudah dikirim nasi sebakul sama anak mereka, kalagemet menjawab jika nasi yang di kirim sudah dimakan habis oleh anaknya.
dayang sumbi yang teramat sayang sama sangkuriang tidak tega mau marah demikian juga kalagemet bapaknya yang juga teramat sayang dengan anak semata wayannya yang gendut dan lucu itu. namun karena skenario di cerita ini sangkuriang harus diusir oleh ibunya maka dengan terpaksa sang ibu mengusir sangkuriang.

"(sori ya bro kalo nanti sangkuriang ga diusir ceritanya tidak nyambung). wk wk wk"
setelah diusir sama ibunya, bapak sangkuriang yang sangat sayang dengan anaknya yang lucu itu sakit sakitan dan meninggal, setelah ayahnya sangkuriang meninggal, ibu sangkuriang menikah lagi dengan lurah desa yang sangat tampan dan masih perjaka ting ting....
mendengar ayahnya sudah meninggal dan ibunya menikah lagi sangkuriang sakit hati dan berjanji suatu hari jika sudah besar nanti akan nyalon menjadi lurah untuk merebut kekuasaan ayah tirinya itu.
sejak saat itu sangkuriang pergi mengembara ke berbagai tempat keramat dukun sakti dan hutan belantara tempatnya dedemit berdiam diri menghuni pohon pohon tua.

sebenarnya banyak petualangan seru dan seram yang dialami oleh sangkuriang dengan para dedemit penghuni pohon beringin tua, namun karena admin blog ini penakut maka cerita seram seramnya di skip aja deh...
setelah mengalami pengembaraan panjang dan melelahkan akhirnya sangkuriang menjelma menjadi pemuda yang gagah berani dan tampan. selain itu sifat rakusnya juga hilang sehingga perut gendutnya sudah berubah menjadi perut yang six pack karena rajin olah raga mancing disungai tengah hutan.
hari hari berlalu tahun pun berganti, kini tiba saatnya sangkuriang menuntut balas atas perlakuan ibunya yang dengan tega menikah lagi dengan kilurah desanya yang dahulu dan mengusirnya.
 karena keasikan berburu imu dan mancing sangkuriang jadi lupa siapa nama ibunya siapa nama ayahnya dan bagaimana dia bisa terusir dari kampung halamanya. sering jika dia duduk termenung menuggu ikan nyantol di kailnya di merasa mirip tarsan. seorang anak yang entah dari negeri antah berantah dan diasuh oleh kawanan hewan hutan.
"yen tak pikir pikir, opo aku iki isih keturunan ambi tarsan yo" lamun sangkuriang pada suatu senja di tepi hutan. "aku gak due bapak , gak due ibu, persis ambi pilm tarzan yang jatuh pesawatnya pas isih bayi terus di asuh ambi kera" begitu lamun sangkuriang. (maaf ye, sangkuriang masih pake bahasa jawa, scara admin blog ini gak ngerti bahasa sunda).
setelah berfikir siang malam akhirnya  sangkuriang memutuskan untuk mancing lagi, setelah mancing baru dia akan mengembara untuk mencari kedua orang tuanya.
setelah berkelana keberbagai pelosok negeri, sangkuriang melihat keramain untuk yang pertama kalinya. sangkuriang yang datang mengendari kuda kesanganya yang juga teman baiknya dihutan dibuat terheran heran dengan keadaan desa yang sangat ramai. dia juga merasa lucu melihat cara berpakain orang desa yang menurutnya aneh aneh.
yang mengherankan lagi adalah , orang orang berlalu lalang dengan menaiki benda yang entah apa namanya, namun mempunyai kecepataan yang luar biasa. akan tetapi hewan tunggan itu  mempunyai suara yang sangat bising. setiap hewan tunggangan yang dilalu orang desan selalu mengeluar yang suara mirip angin puyuh yang bergemuruh.
sangkuriang menuju kesubuah keramean, kemudian memarkir kudanya bersebelahan dengan tunggangan orang orang yang berkumpul disana. sangkuriang tak henti hentinya mengagumi hewan tunggangan orang desa yang bisa berjejer rapi dan tenang tak bergerak itu.
sementara itu orang saling lirik bingung dengan kehadiran manusia aneh berdandan ala tarsan si sangkuriang.
"hai, sapa salah seorang dari keramain tersebut, situ jaka sembung ya"? tanyanya.
"oh bu bu..bukan, jawab sangkuriang kaget, " saya sangkuriang" lanjut sangkuriang. "ngomong ongomng ada acara apanih kok kumpul kumpul? tanya sankuriang.
"ini pada ngadain lomba mancing" jawab orang itu. sangkuriang senang sekali, mancing adalah hobinya yang ketiga setelah berayun dan berenang.
 "kisanak, bolehkan saya ikut lomba mancing? tanya sangkuriang.
 "oh kebetulan saya adalah panitia lomba, silahkan kalo mau ikut, ini sekalian kailnya sudah disiapkan tinggal make, siapa tahu situ menang, lumayan lo hadiahnyanya adalah satu unit sepeda motor honda" kata orang yang mengaku panitia tersebut.
"apaan tuh honda, seperti nama ular dari amazon" tanya sangkuriang heran.
ketua panitia ketawak ngakak...hahahahitu anakonda mas, , pasti kamu tidak tahu ya honda, kamu manusia jadul sih, tunggan kamu aja masih kuda, jaman sekarang semua udah pake motor man" terang ketua panitia lebih lanjut.
"sbodo amat ah", kata sangkuriang sambil garuk garuk kepala bingung, "yang penting ikut mancing".
singkat cerita lomba mancingpun dimulai dan sesuai sekenario sangkurianglah pemenangnya.
sebagai pemenang sangkuriang mendapat satu unit sepeda motor honda vario terbaru dan langsung diserahkan oleh spg nya yang cantik kinyis kinyis..
dan cinta pandangan pertama pun dimulai. semenjak peristiwa itu sangkuriang jatuh cinta pada spg yang menyerahkan sepeda motor. berhubung sangkuriang tidak bisa naik sepeda motor maka mau tidak mau sangkuriang harus diajari oleh spg itu cara naik speda motor.
 si spg sih oke oke saja, scara meskipun sangkuriang berpakain layaknya pendekar 212 wirosableng seperti yang dulu dia tonton di RCTI  namun sangkuriang gantengnya mirip aktor boy wiliams.
lambat laun benih cinta tumbuh diatara spg itu dan sangkuriang. hingga pada suatu hari ketika sedang mesra mesraan spg itu membeli belai dengkul sangkurian dia melihat tanda lahir di dengkul sangkuriang yang berupa dua tahilalat kembar. alangkah kagetnya spg itu. kemudia dia bertanya kepada sangkuriang bagaimana dia bisa mendapat tanda tahi lalat di dengkulnya itu. sangkurian menjawab tanda itu sudah ada ketika dia lahir.
spg motor yang cantik jelita itu  yakin sekali bahwa sangkuriang adalah anaknya yang dulu dia usir karena tuntutan skenario cerita. dan ternyata spg cantik itu adAlah dayang sumbi yang sudah menjada karenA ditinggal mati suami barunya.
walaupun dayang sumbi sangat mencintai anaknya, namun dia tetap saja tidak mungkin menjalin cinta apalagi menikah dengan anaknya sendiri.
sementara itu untuk menolak sangkuriang dayang sumbi juga tidak mungkin, karena dia tidak tega menyakit hati anak sekaligus kekasih barunya.
setelah berfikir dengan keras akhirnya dayang sumbi membuat sarat yang cukup berat, yaitu membuat sebuah danau berikut perahu dan ikan ikan yang nanti diisi didalam danau.
sebenarnya tidak masalah bagi sangkuriang untuk memenuhi sarat dayang sumbi membuat danau dan perahu, bahkan dalam waktu semalampun snagkuriang bisa, namun yang membuat galau sangkuriang adalah sarat ikan yang harus di bawa oleh sangkuriang bukan sembarang ikan. sebagai seorang pemancing sejati sangkuriang tahu betul ikan yang di minta dayang sumbi adalah ikan piranha, ikan yang adanya ada sungai amazon amerika selatan. dan ini yang paling sulit. bukanya tidak berani menangkap ikan piranha, namun sangkuriang sangat takut sekali dengan pesawat terbang, bernah dia diajak keliling kota sebagai hadiah mancing dengan naik pesawat terbang keliling kota selamat lima belas menit.  hasilnya adalah sangkuriang pingsan duluan bahkan sebelum pesawat itu naik keudara.

akhirnya sangkuriang gagal mewujudkan syarat yang diajukan dayang sumbi, setelah danau dan perahunya jadi sangkuriang marah sekali dan dengan kesaktianya dia menedang perahu yang baru dia buat hingga jatuh terbalik, dan sekarang menjadi sebuah gunung yang diberi nama gunung tangkuban perahu. adapun danau yang dibuat sangkuriang dinamai rawa pening, kenapa rawa pening, karena setelah membuat rawa tersebut kepala sangkuriang menjadi pening mikirin bagaimana caranya menangkap ikan piranha.
nah begitulah cerita rakyat legenda gunung tangkuban perahu. semoga bermanfaat.

just for fun..

1 comment:

Search