loading...

Friday, May 24, 2013

pizza vs tiwul

provokatif ya judul pos di atas? he he..
seperti yang sudah kita ketahui bersama pizza adalah makanan bergengsi khas ala italia. sedangkan tiwul adalah makanan bergengsi khas ala gunung kidul dan sekitarnya. (wonogiri pacitan).

taukah para sahabat, bahwa dahulu kala makanan pizza yang tekenal itu nasibnya adalah sama dengan tiwul, sama sama makanan kelas rakyat jelata. bahkan konon saking tidak bergengsinya pizza (karena dijajakan keliling ibu ibu) ratu italia melarang pizza masuk istana.

menurut cerita, pizza pertama kali dibuat orang oran yunani, dan di bawa ke italia tepatnya di naples (napoli). karena bikinya yang mudah dan murah, makanan ini sangat digemari oleh kalangan rakyat jelata kala itu, coz pada saat itu musim paceklik. yah semacam tiwul pas jaman nenek kita dahulu, mudah dan murah. coz cuman dari ketela doang bikinnya.

pada suatu hari raja ferdinand (raja itali) melakukan sidak ke pasar rakyat dengan diam diam alias menyamar. saat itulah raja ferdinan mencicipi pizza, dan bim salabim!!  makanan kelas low end menjadi makanan kelas high end ketika  raja ferdinan mencicipi pizza tersebut.  menurut ferdinand (bukan ferdinan pemain bola lo) rasa pizza gak kalah dengan menu makanan istana. (istilah pak bondan rasanya...mak nyussss...).
sejak saat itu raja ferdinan selalu bercerita kepada para bawahannya, mentri, lurah, carik dan segenap hulubalang, kalo tiwul eh kalo pizza itu rasanya wuenak tenan.

seiring dengan naik daunya pizza ini makan para penjual pizza ini mulai berkreasi dengan menambahkan fitur baru pada menu pizza mereka, dengan menambahkan keju dan saus tomat dan daging . pizza terus berevolusi dari rasa dan harga, dari jajanan keliling sampai kewarung, kedai lesehan dan restoran.

tiwul!  

ehm... nasibnya sama dengan pizza.
dahulu, makanan kelas rakyat yang mudah dan murah dan dijajakan keliling. sayang sekali penguasa saat itu, pak karno, gak mau mencicipi lezatnya tiwul, sehingga yah kita semua tau sendirilah, bagaimana nasip tiwul kini. tenggelam dan dilupakan.
bahkan di tempat asalnya sendiri, (kunung kidul) tiwul udah gak di anggep lagi.
benernya bisa gak sih tiwul jadi makanan khas yang membanggakan layaknya pizza itu.? sukur sukur tiwul bisa terkenal sampai manca negara dan ada gerai gerai tiwul (seperti pizza hut gitu). he he he
benernya bisa banget! tergantung bagaimana para chef kita yang mau peduli dengan makanan khas dalam negeri,. misalnya dengang mengkreasikan tiwul dengan daging sapi. contohnya dibikin adonan setengah kilo tiwul di campur dua kilo daging sapi, di jamin pasti yahud rasanya. he he he.. (tiwul aroma sapi atau malah sebaliknya ya?....
sampai saat ini aku masih membayangkan pada suatu saat di amerika sana, ada gerai yang sangat laris manis dan di gemari segenap rakyat amerika dari presiden sampai mentrinya dan jadi makanan favorit..yang bernama gerai tiwul! pasti keren. apakah sahabat setuju? share ya?..


5 comments:

  1. haha....tiwul selain sehat juga murah meriah....gak ada efek samping...saya suka banget si tiwul mas...hahayyyy

    ReplyDelete
  2. tiwul itu alami tanpa bahan pengawet coba kalau tiwul di temukan presiden indonesia entah siapa dan diangkat kayak cerita pizza pasti tiwul lebih bergengsi dari pada KFC

    ReplyDelete
  3. wah ternyata tiwul gak kalah sama pizza yaaa gan hehe, nanti buat tiwul hut gan wkwk

    ReplyDelete
  4. uhui salah satu makanan yang ane gemari :D
    andai saya ane bisa masak akan ku edit lagi tuh Tieul wkwkwkw ^_^

    ReplyDelete
  5. Saya pilih tiwul mas,. hahahha keren artikel nya. visit back gan, tinggalkan jejak juga ya:)

    ReplyDelete

Search