loading...

Monday, July 27, 2015

Update blog secara rutin? Penting gak sih?....


Traffik yang tinggi dengan pv  (page view) yang melimpah ruah adalah impian dari setiap Blogger. Akan sangat membanggakan jika Blog yang kita kelola mendapat kunjungan ribuan visitor  perharinya.
Namun untuk bisa mewujudkan itu semua, diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Sebuah Blog dengan tingkat kunjungan yang tinggi biasanya memerlukan kemampuan Search Engine Optimation ( SEO) yang tinggi pula. apa itu seo?, seo adalah suatu tehnik atau kiat kiat khusus untuk menjadikan artikel kita terlihat bagus di mata Google , ingat!! dimata Google lo!, karena Saya yakin standar Google itu berbeda dengan standar kita
sebagai User). Di perlukan tehnik tehnik SEO yang konon rumit dan menjadi rahasia para pakar dan master SEO. Dan jika Blog agan sama dengan Blog Saya ini, maka jangan harap agan bisa mendapatkan visitor yang melimpah.

Ilmu seo terus berkembang, demikian juga Google selalu memperbaharui algoritmanya, yaitu sebuah robot yang digunakan untuk menilai tingkat kualitas konten/artikel yang kita buat, apakah sudah memenuhi standart Google atau belum.  Jadi jika kita tidak update kemampuan seo kita maka sepertinya artikel yang sudah susah payah kita tulis hanya akan menjadi tumpukan arsip dalam Blog kesayangan kita.

Namun jangan berkecil hati jika kemampuan seo agan tidak sehebat para pakar seo diluar sana, karena Saya baru saja menemukan sebuah artikel yang ditulis oleh agan Okto pemilik NotordinaryBlogger, yang berjudul "Apa pentingnya melakukan update setiap hari", dalam artikel yang  mengupas tuntas bagaimana supaya Blog kita ramai pengunjung namun dengan tehik seo yang sepertinya "alakadarnya" menurut Saya.
Saya tertarik membahas artikel yang di buat Okto tersebut, dan saya mencatat beberapa point yang ditulis oleh pengelola notordinary, adalah  sangat penting untuk update artikel secara rutin, mohon di catat! rutin itu  tidak harus setiap hari, namun dilakukan secara berkala, bisa sehari sekali, dua hari sekali, atau bahkan sebulan sekali itu juga bisa di sebut rutin. Hal ini dikarenakan karena perilaku user dan bot Google sendiri yang, konon, menurut pengelola notordinary menyukai Blog yang update secara teratur. Sesaat setelah artikel yang kita tulis kita bagikan, maka bot Google akan mengcrawl, menjelajah, menelusuri dan entah apapun itu namanya kedalam Blog kita, yang mana dengan sendirinya artikel yang kita tulis akan cepat terindeks oleh mensin pencari Google.
Untuk pengunjung Blog sendiri,  juga mempunyai tingkat ketertarikan yang lebih terhadap Blog yang update artikel yang berkala.

jika agan  adalah pecinta kuliner, maka agan pastinya akan berkunjung ke Blog Blog yang membahas tentang kuliner. Mungkin  agan berkunjung ke Blog A yang membahas berbagai makanan yang enak dengan resep resep yang bagus, kemudian agan juga berkunjung ke Blog B dengan tema yang sama. Sebagai seorang pecinta kuliner,  agan merasa tertarik dengan Blog A dan Blog B, dan mengunjungi kedua Blog tersebut secara rutin. Namun seiring berjalanya waktu, setelah agan rajin berkunjung ke Blog A dan B, agan menyadari, Blog A lebih sering menyajikan artikel tentang kuliner secara rutin , sedangkan jika agan berkunjung ke Blog B semua artikel bagus yang di sajikan masih itu itu saja, alias tidak pernah di update. Saya yakin  agan akan kecewa dengan Blog B dan meninggalkan Blog B dan lebih loyal kepada Blog A.

Contoh diatas adalah gambaran kecil betapa pentingnya Blog di update secara rutin dan berkala. Rutin artinya terus menerus, berkala artinya waktu yang sudah di tentukan. Belum lagi perilaku mensin pencari Google, masih menurut mas Okto, sesaat setelah artikel dibagikan bot Google akan melakukan indeksasi terhadap  Blog kita, maka dengan sendirinya, artikel yang kita bagikan akan segera terindeks di mesin pencari. Saya berkeyakinan dengan semakin banyaknya artikel yang terindex oleh Google, maka akan semakin banyak kata kunci kata kunci baru yang tercipta tanpa kita sengaja, atau kita target. karena seperti yang Saya tulis di atas, standar kualitas menurut Google itu berbeda dengan standar kualias kita sebagai user.
Bisa saja kita membuat artiker resep membuat jus dengan menembak kata kunci "resep membuat jus jeruk" dengan judul yang sama yaitu, "Resep Membuat Jus Jeruk".   Namun ternyata, kata kunci yang sering nyantol adalah resep membuat jus jeruk yang berada di artikel kita lainya yang berjudul  "Manfaat Orange Jus", bukan di artikel Resep Membuat Jus Jeruk yang kita buat. Kenapa bisa begitu?,    sekali lagi standar Google tidak sama dengan setanda kita sebagai user.
 Itu hanya sebagai contoh ya,..  Belum lagi dari segi bisnis. Walaupun bisnis menurut Okto bukan melulu soal uang, namun memang benar, dengan rajin update artikel, dengan banyaknya kata kunci dan dengan banyaknya visitor, akan lebih memberikan nilai jual untuk Blog kita. dari segi ppc (paid per click) kemungkinan klik iklan akan semakin meningkat dan tidak menutup kemungkinan Blog yang artikelnya di update secara rutin dengan trafik yang tinggi akan dilirik para pemasang iklan mandiri. siapa yang tidak kenal situs Detik, ataupun Kompas yang mana dengan trafik yang tinggi situs situs tersebut berhasil mendapatkan para pemasang iklan yang berkelas, belum lagi dari iklan ppc mereka.

Saya tidak mengajurkan apalagi mengajarkan  agan untuk mengcopy isi situs situs diatas, namun Saya menyarankan kepada diri Saya sendiri dan juga  agan sekalian untuk meniru cara mereka  dalam mengelola blog atau situs yang agan miliki, yaitu dengan  update artikel secara rutin. mungkin tidak harus setiap hari atau bahkan setiap jam, namun update secara berkala sudah cukup menurut Saya.  Saya berkeyakinan dalam belajar tidak masalah jika kita meniru gaya orang lain atau Blog lain, nanti pada akhirnya pelan pelan kita akan menemukan gaya kita sendiri seiring dengan terasahnya kemampuan kita dalam menulis.

Berdasarkan pengamatan Saya,  kekuatan situs situs besar semisal kompas, detik, tribun  dll, trerletak pada kuantitas artikelnya.  mereka selalu menyajikan artikel yang update setiap hari, bahkan kompas menyajikan artikel dan tulisan baru nyaris kurang dari setengah jam sekali. 
Jika contoh diatas terlalu berat, karena situs mereka dikelola oleh sumber daya manusia yang memadai (dikelola secara keroyokan),  maka Blog Blog berikut ini bisa kita jadikan rujukan. Blog seperti notordinary, mas sugeng, juragan cipir adalah sebagian kecil blog personal yang mengupdate artikel secara rutin. walaupun tidak setiap hari, namun Blog Blog tersebut selalu menerbitkan artikel setidaknya seminggu dua kali. Dan saya tidak meragukan trafik dari blog blog personal yang saya sebutkan tadi, karena berdasarkan data laporan alexa,  blog blog tersebut mempunya ranking yang langsing. yang mana semakin kecil ranking sebuah blog, maka semakin populer blog tersebut. Jika agan tidak tahu apa itu alexa rank mungkin agan bisa baca baca soal seputarAlexa .
Dengan meniru situs/Blog yang lebih dulu mapan diatas maka  tidak menutup kemungkinan Blog kita juga akan masuk dalam jajaran Blog dengan trafik yang tinggi, pemasang iklan premium dan tentu saja pengunjung yang loyal.

Jadi, saya sangat setuju dengan apa yang di tulis okto, karena menurut Saya sangat penting untuk update artikel secara rutin, dan jika agan agan ingin tahu lebih detail tentang betapa pentingnya update artikel secara rutin  agan bisa intip disini.

Demikian ulasan saya tentang pentingnya update blog secara rutin yang diinspirasi dari artikel notordinaryblogger. semoga bermanfaat.

Ingat kata kata Bang  NAPI '' kesuksesan terjadi bukan karena ada niat pelakunya, , tapi juga pintar2 kita mengambil kesempatan yag ada *nyambung gak ya?....

 semangat lah, semangat lah!!!!
 

No comments:

Post a Comment

Search