loading...

Sunday, May 31, 2015

sejarah dan asal usul nama rupiah

Apakah agan agan yang ganteng dan cantik pernah dengar nama rupiah?, pernah dong, scara rupiah adalah mata uang negera kita tercinta ini. tapi apakah agan agan sekalian tahu berasal dari mana nama rupiah  itu. JIka teman teman mengira nama rupiah masih kerabatan dengan nama mat auang rupee dari india ternyata dugaan teman teman memang benar. rupee dengan rupiah bersama dengan rubel (mata uang rusia) adalah masih kerabat dekat loch. ingat!, jangan salah mmenagrtikannya, menreka ternyata berasal dari suatu bahasa yang datangnya dari mongol waktu jamanya jenghis khan.
"Rupiah" sebenarnya berasal dari kata "rupia" yang memiliki arti "perak" dalam bahasa Mongolia.
bagaiman tuh ceritanya nama rupia di gunakan sebagaai nama mata uang Indonesia?.
Beginiloch ceritanya,...
Menurut sejarawan yang banyak meneliti tentang sejarah uang Indonesia, Adi Pratomo (63), "Rupiah" sebenarnya berasal dari kata "rupia" yang memiliki arti "perak" dalam bahasa Mongolia. Dahulu kala, Mongolia di bawah Genghis Khan dilanjutkan Timur Leng dan Kubilai Khan, melakukan serangkaian invasi sampai ke negara-negara selatan. Di antaranya India, Afghanistan, dan Pakistan serta negara utara, bahkan Rusia dan beberapa negara Eropa lainnya.SAlah satu efek dari ekspansi si jenghis khan adalah penyjebaran nama rupia atau perak.Nama "rupia" kemudian menyebar. Sebab, negara-negara bekas jajahan Mongolia itu melakukan perdagangan ke berbagai belahan dunia, termasuk Nusantara. "Jadi sebenarnya Rupee itu adalah saudaranya Rupiah, juga Rubel mata uang Rusia karena ketiganya berasal dari satuan uang yang sama yaitu Rupia," ujar Adi
Pada awal 1500-an, ketika kolonialisme Eropa mulai mekar di Asia dan Afrika, perbedaan itu muncul. Inggris lantas melafalkan Rupia menjadi Rupee, Prancis (Rouple), Jerman (Rupie), dan Portugis tetap melafalkan Rupia.
Kata Rupiah paling dekat dengan lafal Portugis. Alasannya, bahasa Indonesia mengambil bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan. Sedangkan bangsa Portugis menjajah cukup lama di Indonesia tepatnya 130 tahun (1511-1641) di Malaka. Penambahan huruf H di belakang adalah menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.
nah begitulah sejarah mata uang rupiah dan asal mula nama rupiah digunakan...

ciao!!

No comments:

Post a Comment

Search