loading...

Tuesday, May 19, 2015

Asal Mula pendekar Wiro Sableng


Seorang pemuda bernama Harun travolta mengembara berkeliling kampung.
 Travolta, (begitu sering dia dipanggil) memang seorang pemuda yang aktif dalam segala hal.  selain ngupil, dia juga aktif garuk garuk kepala yang banyak kutunya. travolta memang jarang mandi. sebagai seorang pemuda yang berwajah  ala kadarnya, travolta sadar, ngapain mandi?, toh mandi tidak akan membuat dia ganteng. akibatnya travolta selain berambut awut awutan kumal dekil badanya juga apek baunya.

Travolta lahir dari seorang ibu yang bernama tidak dikenal ,  ayahnya seorang pria yang bermuka mirip presiden yang lagi populer saat ini. Sayang mempunyai wajah mirip presiden tidak mengubah apapun, malah dia sering dijadikan sasaran warga yang kesal dengan negara akibat kebijakan presiden yang tidak pernah bikin wong cilik gemuyu.


Kasihan bapaknya travolta, sudah miskin punya anak geje alias gak jelas dan yang lebih apes punya wajah mirip presiden pula. benar benar sial gak ketulungan.
Sudah cukup bahas simalang bapak harun travolta. travolta sendiri gak peduli dengan segala hal  yang menyangkut bapaknya.
Keseharian travolta adalah sepulang dari ngaji (ini sisi baiknya travolta), travolta suka ngintip cewek cewek yang gi mandi disungai, (kalo ini salah satu sisi buruknya travolta). travolta seneng banget ngintip cewek cewek didesanya yang emang masih suka mandi disungai, karena travolta tahu,  jika cewek cewek itu mandi travolta jadi tahu kalo ternyata cewek cewek itu mandinya gak pakai sendal. Scara sendal yang dipakai ditinggal diatas sungai. Dengan begitu travolta bisa nyolong sendal mereka. travolta emang suka banget ngerjain orang yang mandi dengan nyembunyiin sendal mereka.
Kalo sudah kejadian kayak begitu, kepala harun travolta pada benjol benjol karena kena gampar pake sendal jepit yang dia sembunyikan. Tapi travolta tetaplah travolta, dia tidak kapok dan tidak jera, baginya hobi adlaah hobi, hobi memang butuh pengorbanan dan selalu ada harga yang harus dibayar dari sebuah hobi, travolta sadar dia orang miskin, dari pada harus membayar hobi dengan uang maka dia rela membayar hobinya dengan tubuhnya, alias kepalanya di keplak pake sendal. Baginya itu adalah pengorbanan. : lol...
Dulu, duluuuuu sekali, travolta adalah seorang bocah yang lucu nan menggemaskan, selain pintar berhitung dari satu sampai sepuluh, travolta juga juga sudah bisa membaca semenjak dia kelas dua SD, (luar biasa bukan?). Tapi sayang, akibat hidup miskin travolta "hanya" makan sehari tiga kali itupun bukan nasi tapi ketela rebus. Tentu saja secara takaran gizi, asupan karbohidarat yang dikonsumsi travolta dibawah garis standar gizi.  lambat laun tingkat kecerdasan travolta semakin berkurang.
Karena terlalu miskin, maka terpaksa ayah harun travolta mengeluarkannya dari kelas. Sudah begitu travolta belajar sama sinto gendeng, seorang dukun beranak yang kebetulan tidak buta huruf. dari  sinto gendenglah travolta mendapat berbagai ilmu cara mencuri sendal. Ternyata selain  dukun beranak, sinto gendeng yang bernama asli wiro geni itu adalah tukang rombeng. JIka tidak ada perempuan desa yang melahirkan, sinto gendeng berjualan batu akik dan sandal jepit bekas dipasar. sinto gendeng adalah guru yang baik, berbagai tehnik ilmu sendal dan ilmu akik diberikan kepada travolta satu satunya murid kesayangannya. namun dasar harun travolta murid durhaka, bukanya ilmu yang diberikan dibuat untuk kebaikan, malah ilmu yang sangat bermanfaat itu disalah gunakan untuk mengerjain orang yang sedang mandi. sejak saat itu travolta di panggil travolta sableng. orang pertama yang memberi dia julukan sableng adalah gurunya sendiri sinto gendeng atau wiro geni.
Dengan cepat nama travolta sableng menyebar bak virus, travolta sableng seperti menjadi momok yang membuat resah warga. Bahkan tidak hanya itu, sejak dia mencuri kampak yang biasa dibuat belah kayu gurunya yang diberi nama kampak naga geni 212 kelakuan travolta semakin sableng saja.

Tapi jauh dilubuk hati penduduk, sebenarnya travolta sableng disayang sama warga, dia hanya usil, tapi tidak jahat. Selain pandai mengaji, dia masih punya satu kebaikan, yaitu kesukaanya keliling kampung petentang petenteng dengan membawa kapak butut, membuat maling maling rampok gak berani beraksi didesanya travolta sableng. Padahal didesa tetangga maling banyak berkeliaran. Desa milik travolta juga dikenal sebagai desa yang aman dan kuat. hal itu terbukti waktu perlombaan tarik tambang antar kampung sekecamatan, yang menyabet juara satu juara dua juara tiga sampai juara harapan 5 semua kena desa travolta sableng. Tentu saja hal itu gak lepas dari peran serta sableng yang walaupun tidak ikut lomba, tapi travolta pasti menjadi sporter yang paling militan. Dia akan berdiri dekat lawan sambil mengacung ngacungkan kampak naga geni kesayanganya. Sebenarnya bukan kampak itu yang membaut lawannya kalah, namun bau badan travoltalah yang membuat tim lawan mau pingsan.

Karena sering menjadi pahlawan di desanya, travolta di puja puja bak pendekar, dan untuk menghormati orang yang memberikan ilmu dan kampak naga geni 212 yang legendaris itu,  penduduk desan sering memanggil travolta dengan tambahan nama depan, wiro travolta sableng. Wiro berasal dari nama asli sinto gendeng, guru travolta, kalo travolta ya emang nama aslinya adalah harun travolta, kalo sableng adalah karena kelakuanya yang sableng.
Semenjak sinto gendeng guru travolta sableng meniggal, nama wiro semakin melekat pada diri travolta, karena penduduk desa menganggap travolta adalah orang yang paling pantas menggantikan sinto gendeng alias wiro geni, lambat laun karena nama travolta agak aneh dan susah diucapkan, penduduk sekitar hanya memanggilnya dengan panggilan wiro sableng  saja, tidak ada wiro travolta sableng.
sejak saat itu harun travolta lebih dikenal dengan nama wiro sableng.
nah itulah asal mula nama wiro sableng pendekar nagageni 212.

 semoga anda jadi tahu..

just for fun

2 comments:

Search